24 Maret 2008

Pekanbaru !, Bukan "Pekan Baru", atau "Pekan-Baru" Bukan Juga "P.Baru"

Lambang Kota PekanbaruPEKANBARU - Umur kota Pekanbaru sudah lebih dari dua abad, yang dahulunya hanya pekan atau bandar kecil kini berubah menjadi kota besar dengan perkembangan terpesat di Indonesia dan sedang berkembang menjadi kota metropolitan. Tapi, masih ada juga orang yang salah dalam menuliskan nama kota yang dijuluki kota Bertuah ini. Masih dapat kita jumpai orang menulis Pekanbaru itu "Pekan Baru" atau disingkat menjadi P.Baru bahkan Pekan-baru.

Apabila ditelusuri memang kata Pekanbaru terdiri dari dua suku kata, Pekan dan Baru (Baharu) yang dalam mitologi orang melayu Pekan itu artinya pasar atau bandar dan Baharu itu baru yang artinya Bandar Baru. Sedikit bercerita tentang sejarah (jika ada kekhilafan mohon koreksi), dahulu kerajan Siak mendirikan sebuah bandar di tepian sungai Siak yang kala itu dikenal dengan nama Senapelan karena sudah mulai banyak barang-barang yang keluar masuk disana. Bandar ini didirikan sebagai legitimasi kerajaan Siak bahwa daerah penghasil karet ini (pada masa itu) merupakan bagian dari daerah kekuasaan kerajaan Siak Sri Indra Pura.

Dengan bergulirnya waktu ternyata daerah ini semakin ramai saja dan perdagangan-pun semakin aktif, kota ini berkembang pesat hingga berubah namanya. Nah, sekarang mana yang betul?, mungkin untuk orang Pekanbaru dan Riau sendiri tentu sudah tahu bahwa nama Ibu kota Provinsi Riau ini adalah Pekanbaru. Bukan "Pekan Baru", bukan pula "Pekan-baru" atau "PekanBaru" dan jangan pula ditulis "P.Baru" atau "PKU", nanti marah kami yang punya kota, yang betul itu " PEKANBARU "Jadi jangan salah tulis lagi ya ncek dan puan.

4 komentar:

  1. Klo saya sih udah tau sejak belajar cara penulisan kata yang benar untuk nama tempat di bangku SMP dulu.

    Tp ga ada salahnya kan bikin singkatan Pekanbaru jadi PKU. Itung-itung menghemat karakter SMS hehehehe......

    BalasHapus
  2. Wahh asyikk juga nih Pekanbaru punya Blog kayak gini..
    Salam Kenal... saya juga dari Pekanbaru tapi sekarang tinggal di Bandung :-)

    BalasHapus
  3. Seingat saya nama Pekanbaru biasa ditulis dengan singkatan PKU, seperti halnya BTH untuk kota Batam, JGJ untuk Jogja dan sebagainya. Penggunaan singkatan ini umumnya digunakan dalam dunia parawisata khususnya travel dan penerbangan.

    Jadi tidak ada salahnya menggunakan PKU untuk menyingkat nama Pekanbaru, seperti juga JKT untuk Jakarta.

    Mudah2an dengan komentar ini, yang punya blog gak marah sama saya. :-)

    BalasHapus

Banyak Dibaca