20 Agustus 2010

Pangean, Kuansing

Pangean, KuansingBagi sebagain orang di daerah Riau, nama Pangean cukup dikenal terutama di daerah Kabupaten Kuansing. Pangean terkenal hingga ke berbagai pelosok Riau berkat seni bela dirinya yang populer dan membudaya, Silat Pangean.

Maka jangan heran jika ada seseorang yang menyebutkan atau bergumam tentang nama sebuah Kecamatan di Kuantan Singingi ini pastilah silatnya, Silat Pangean.

Tentunya Pangean tidak hanya dikenal lewat silat yang diturunkan oleh para Pendekar sakti negeri Pangean seperti Baromban. Terlebih dari itu Pangean terkenal akan ciri masyarakatnya yang khas, pekerja keras dan pantang menyerah.

Pangean sebagai salah satu Kecamatan di Kuansing tidak bisa lepas dari keikutsertaan mereka dalam even nasional Pacu Jalur yang diadakan setiap tahun di Kabutapen Kuansing. Salah satu jalur yang paling disegani dua tahun terakhir ini di seantero Pangean bahkan di Kabupaten Kuansing adalah Rajo Bujang asal Desa Padang Tanggung, Pangean seberang. Rajo Bujang, jalur asli Kecamatan Pangean pernah merajai empat rayon pacu jalur sekaligus, walau tahun 2010 ini mereka tak sehebat dulu.

Memang, bagi masyarakat Pangean, budaya tradisional Pacu Jalur seperti sudah mendarah daging. Jika anda sempat singgah ke pulau-pulau di sekitar batang Kuantan di Pangean, tepatnya pada masa-masa Pacu Jalur, anda akan menyaksikan langsung betapa rianya anak-anak melombakan (pacu) miniature-miniatur jalur. Mereka bersemangat tinggi, berteriak seakan-akan benar-benar sedang memimpin sebuah jalur yang sedang berpacu di medan laga. (Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca