10 Januari 2011

Pecatur Riau Juara di Inggris

MNW-Gerhana-Ch-Kartika, Master Catur Wanita Riau PekanbaruRiau.Com - Pecatur Riau asal Siak, MNW Gerhana Ch Kartika keluar sebagai juara di kategori putri (the best female player) pada turnamen terbuka tingkat dunia Hasting Chess Congress yang digelar di Kota Hasting, Inggris, pada 28 Desember 2010 hingga 5 Januari 2011.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Riau, Ahmad Syah Harrofie, kepada Riau Pos, Ahad (9/1). ‘’Pecatur putri kita berhasil juara di kejuaraan catur terbuka di Inggris. Ini suatu prestasi yang membanggakan,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Ahmad Syah menjelaskan selain merebut gelar the best female player, Gerhana juga berhasil meraih gelar Norma Master Internasional dan meraih the best rating performance.

‘’Jadi Gerhana dapat tiga gelar sekaligus di iven ini,’’ tambahnya. Hasting Chess Congress (HCC) diikuti 106 pecatur putri dan putra di dunia termasuk delapan catur bergelar GM (grand master), 15 pecatur bergelar MI (Master Internasional) dan 19 pecatur bergelar MF (Master Fide).

‘’Prestasi pecatur kita ini cukup luar biasa karena dia bersaing dengan pecatur dari berbagai negara seperti Inggris, Prancis, Yunani, Rumania, Ukrania, Lituania, Jerman, Austria, India dan negara Eropa lainnya,’’ ujar Ahmad Syah.

Gerhana merupakan satu-satunya pecatur putri Riau yang merebut norma master internasional. Dia juga merupakan pecatur yang dipersiapkan Percasi Riau untuk tapil di PON XVIII tahun 2012.

Sumber: Harian Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca