03 April 2010

Kantor Camat Siak Termegah

Kantor camat Siak Sri Indrapura RiauGEDUNG Kantor Camat Siak senilai Rp3,2 miliar lebih dan diklaim termegah se-Indonesia, yang beralamat di Jalan Balai Kayang, Kelurahan Kampung Dalam, Rabu (31/3), diresmikan pemakaiannya oleh Sekda Drs H Adli Malik.

Gedung tiga tingkat yang dibalut kaca di bagian dinding luarnya membuat masyarakat yang hadir dalam peresmian itu terkagum-kagum.

Sehingga Kantor Camat Siak ini diklaim sebagai Kantor Camat termegah se-Indonesia. Apalagi model dan ornamen bangunan yang serba modern ini bakal menjadi salah satu ikon Kabupaten Siak, setelah Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah dan Masjib Agung Sultan Syarif Hasim di Kompleks Islamic Center.

Peresmian Kantor Camat Siak termegah itu, selain dihadiri Sekda juga dihadiri pimpinan DPRD Siak, kepala dinas, badan, kantor dan Kabag serta anggota Muspida, juga Camat se-Kabupaten Siak.

Sekda Siak Drs H Adli Malik, usai peremian Kantor Camat Siak mengatakan, keberadaan kantor camat yang super megah ini tidak akan ada artinya, tanpa dibarengi pelayanan yang prima. Camat dan staf dituntut harus dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat.

Apalagi kata Adli, saat ini masyarakat semakin kritis dan menginginkan pelayanan yang serba cepat. Gedung ini adalah untuk masyarakat, dengan sarana yang bagus diharapkan akan lebih menunjang pelayanan yang bagus pula. ‘’Jangan sampai terjadi, gedung cantik dan indah, pelayanannya malah mengecewakan. Jika perlu pelayananya harus jemput bola dan jangan menunggu di meja,’’ tegasnya.

Ia menyebutkan, kantor camat ini merupakan kebanggan masyarakat Kota Siak, bangunan yang super megah ini mengindikasikan saat ini Siak dalam riak pembangunan yang terus berjalan.

‘’Mari kita dukung pembangunan kabupaten kita ini bersama-sama. Karena pembangunan tanpa ada dukungan masyarakat juga tidak akan ada arti apa-apa, makanya harus sejalan dan berkesinambungan,’’ ungkap Sekda.

Ia berharap, pembanguna kantor camat ini tidak hanya berhenti di Kantor Camat Siak saja, namun akan dilanjutkan dengan pembangunan kantor camat lain. Mungkin tahun depan, Pemkab Siak akan membangun kantor camat baru di Tualang. Kantor Camat Tualang ini juga akan dibangun super megah seperti Kantor Camat Siak.

Sementara itu, Camat Siak Juarman MSi dalam sambutannya mengatakan, pembangunan kantor kecamatan ini bukan didasari keinginan camat, melainkan keperluan yang semakin meningkat seiring dengan dinamika dalam masyarakat. Dengan konsep pembangunan modern ini, diharapkan masyarakat dapat dilayani dengan maksimal dengan paradigma melayani dan mengayomi, bukan sebalinya minta dilayani.

Juarman juga mengatakan, meski dengan hadirnya kantor yang super megah ini, bukan berarti Kecamatan Siak tidak punya kelemahan di sana sini. Karena saat ini Kecamatan Siak masih kekurang staf dan rendahnya SDM tenaga honorer. Makanya untuk mengatasi persoalan ini dalam waktu dekat akan dibenahi bersama-bersama dengan Pemkab.

‘’Ini semua berkat dukungan semua pihak, kita optimis akan meningkatkan pelayanan dengan baik,’’ ucapnya singkat.

Sedangkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Siak, Suntoro SIP di sela-sela peresmian mengatakan, bangunan Kantor Camat Siak ini merupakan bangunan kantor camat termegah se-Indonesia. Bangunan yang didanai sebesar Rp3,2 miliar ini menggunakan APBD Siak tahun anggaran 2009 yang dalam pengerjaannya siap dalam 120 hari. Pembangunan kantor camat ini akan dilanjutkan dengan landskip pada tahun anggaran berikutnya.

Sumber: Riau Pos
Foto: Tribun Kaltim

1 komentar:

Banyak Dibaca