23 Desember 2009

Jual Barang Antik di Pekanbaru

Pasar Barang Antik Pasar Bawah SBY dan Istri
Anda jalan-jalan ke Pekanbaru dan sedang mencari barang-barang antik?. Ya di Pekanbaru tersedia barang-barang antik, tapi dimana bisa menemukan barang-barang antik di Pekanbaru? di Pasar Bawah.

Pasar Bawah selain merupakan pasar wisata, juga pusat perbelanjaan barang-barang antik, aksesoris rumah tangga dari dalam dan luar negeri, seperti keramik, karpet, lampu-lampu antik dan elektronik. Barang-barang antik disini jauh lebih murah.

Nama Pasar Bawah diberikan masyarakat karena pasar ini terletak di bagian bawah, jika dibandingkan dengan Pasar Pusat (sekarang Plaza Sukaramai) yang terletak lebih tinggi dibandingkan dengan lokasi ini.

Meski hanya berstatus sebagai pasar tradisional, namun Pasar Bawah pernah meraih anugerah sebagai pasar tradisional terbersih untuk kategori kota besar pada tahun 2007, dan menjadi icon bagi Kota Pekanbaru.

Tapi setelah melalui renovasi, pusat barang antik menjadi icon Pekanbaru, Bangunannya didesain bergaya arsitektur Melayu dan Tionghoa, berlantai.

Pengunjung akan merasa seolah-olah berada di Chinatown di Newyork. Hal ini bisa dilihat dari motif relief yang terdapat di sekitar bangunan pasar. Cat dindingnya pasar barang antik ini pun dipenuhi warna-warna yang mencolok, meniru bangunan Chinatown New York.

Terpaan krisis ekonomi yang melanda dunia, kebijakan pemerintah yang memperketat pengawasan bagi masuknya barang-barang ekspor luar negeri, memang sedikit memengaruhi pedagang Pasar Bawah yang tentu saja berdampak kepada harga jual.

Namun bagi wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru, tentu saja tidak puas jika tak menjejakkan kaki ke ke Pasar Bawah untuk berburu barang-barang bermerk. Mulai dari aksesori rumah tangga, barang-barang antik, karpet, tas, hingga elektronik bekas.

Selain elektronik, di kawasan ini juga bisa diperoleh buah tangan atau makanan khas Riau, seperti ikan salai yang berasal dari berbagai daerah di Riau. Ikan salai seperti jenis patin, baung, ikan salai asin lomek, dan ikan salai asin biang masih dijual di pasar ini. Harganya pun tidak sampai menguras kocek pembeli.

Wisatawan yang mendatangi Pasar Bawah biasanya menjadikan ikan salai sebagai buah tangan atau oleh-oleh dari Kota Pekanbaru. Walaupun krisis keuangan global ikut merambah para pedagang Pasar Bawah, toh pasar ini tetap diminati dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan, baik dari daerah Pekanbaru maupun dari luar Provinsi.

Foto: Riau Terkini: Presiden RI SBY beserta istri sedang berada di Pasar Bawah, tempat jual-beli barang antik di Pekanbaru.

2 komentar:

Banyak Dibaca