19 November 2010

Jalur Kereta Api di Riau, Dirancang

Rel Kereta api di Pekanbaru RiauWalaupun tidak terlalu sering, tak dapat dipungkiri bahwa lama kelamaan di Pekanbaru akan diterpa macet juga tak lama lagi. Ditambah pada 2012 mendatang, pada perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII, dikhawatirkan Pekanbaru sebagai salah satu pusat penyelenggaraan even empat tahunan ini diadakan, tidak bisa terhindar dari macet.

Menjawab hal ini agaknya Pemerintah Provinsi Riau berencana merancang pembangunan rel kereta api di Riau. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah transportasi tersebut di Riau.

Berdasarkan berita terbitan Harian Riau Pos, untuk merealisasikan program yang rencanakan mulai dikerjakan pada 2011 ini, Pemprov Riau telah melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP kepada Riau Pos, Kamis (18/11). Upaya ini menurutnya merupakan salah satu solusi konkret dalam membuka isolasi dalam akses transportasi antar daerah di Riau.

Dimana dari hasil rapat dengan KAI direncanakan akan melalui rute Dumai-Duri-Rantau Prapat, Dumai-Pekanbaru, Rokan Empat Koto-Ujung Batu-Kandis-Duri, Cerenti-Air Molek-Pematang Rebah-Kuala Enok. Kondisi ini menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Riau, karena selain sebagai akses tranportasi umum, kereta api juga prospektif untuk mengangkut potensi alam Riau terutama CPO.

‘’Bila dilihat dari potensi Riau dengan dua juta hektare kebun kelapa sawit, telah menghasilkan ribuan ton CPO. Setidaknya 800 sampai 1.000 mobil antre di pelabuhan Pelindo Dumai. Untuk itu planing ini dapat menjadi salah satu upaya meminimalisir hal tersebut,’’ paparnya.

Lalu biaya untuk pembangunan rel ini darimana?

‘’Rel kereta api ini sangat penting bagi Riau dan masalah ini sudah intensif dibicarakan. Jika tidak ada aral melintang, 2011 akan dimulai pembangunannya. Untuk pembiayaannya kita akan menggunakan alokasi dana dari pemerintah pusat. Dimana bila sudah terealisasi, kemungkinan pengelolaannya bekerja sama dengan BUMD atau pihak lainnya,’’ Gubernur.

Rencana pembangunan Rel Kereta Api Riau ini harus didukung penuh. Sebab, Pekanbaru tidak lagi bisa menampung sekian banyaknya kendaraan yang hilir mudik baik dari dalam maupun luar kota. Asalkan tidak terjadi kisah monumen lokomotif ke-2 saja...

3 komentar:

  1. Setuju, biar kalau ke sana bisa lebih cepat nyampe

    BalasHapus
  2. haha, penasaran apa ini dapat benar2 terealisasi...
    btw, gambarnya itu klo ga salah diambil dari kuburan di dekat Pondok Patin kan? jadi ada nuansa seramnya liat keranda ditarik pake tu kereta :D

    BalasHapus
  3. saya sebagai warga riau sangat mendukung kebijakan ini...!! karna sudah benar2 lelah dengan kemacetan..semoga saja ini benar2 menjadi kenyataan..! amiin..

    BalasHapus

Banyak Dibaca