21 Maret 2011

Baca Buku Tentang Riau

Buku tentang RiauMEMBACA memang banyak manfaat yang bakal didapat. Kalau yang suka membaca novel, komik, buku homor, pastinya bakal terhibur. Yang suka baca buku pelajaran, pasti ilmu dan wawasannya juga makin bertambah. Yang baca koran, majalah, pastinya juga bakal menambah wawasan dan informasi yang ter-update.

Nah, kalau untuk buku tentang Riau gimana? Suka nggak bacanya ?? Hmm...sebagai warga Riau yang baik, hehe, kamu juga harus tahu tentang Riau. Walaupun bukan orang asli, tapi kamu wajib tahu tentang daerah tempat tinggalmu ini. Seperti motto yang pernah kamu dengar, ‘’Dimana bumi di pijak, disitu langit dijunjung’’. Hihihi, malu bangetkan, kalau sudah tinggal di Riau, tiba-tiba ada yang nanyakin tentang Riau, kamu nggak bisa jawab. Wah.. jangan sampai la ya.

Buat para rekan-rekan yang sudah lama tinggal di Riau, nggak ada salahnya dong, sekedar pengetahuan semua hal yang berbau tentang Riau khususnya budaya Melayu. Seperti adat istiadat,seni kebudayaan, serta hal-hal yang berbau tentang kemelayuannya. Seperti yang telah dikatakan Jenny Zuliantika, siswi SMAN 7 Pekanbaru. Walaupun, doski bukan asli orang Melayu, tapi Jenny juga mengetahui sedikit tentang budaya Melayu. Mulai dari adat istiadatnya sampai makanan khas Melayu.

“Di sekolah, memang diajarkan budaya Melayu. Tahu sedikitlah tentang Melayu. Hehe. Itu juga karena, aku punya bukunya. Jadi bisa dibaca, kalau lagi pengen baca,”ujar Jenny.

Alfian Bahri, siswa SMAN 1 Pekanbaru juga sama seperti Jenny. Kalau Alfian, doski paling suka baca buku yang cerita rakyatnya. Seperti Hangtuah dan Lancang Kuning. “ Pernah baca kok. Tapi yang cerita Rakyatnya aja. Cerita rakyat lancang kuning dan Hangtuah. Di perpustakaan sekolah bacanya.”

Sumber: Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca