08 Januari 2010

Masjid Bersejarah di Riau





Masjid Sultan Riau Penyengat di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, merupakan masjid paling bersejarah di Riau. masjid ini sudah berdiri sejak 178 tahun lalu. namun bangunan yang dibuat dengan bahan campuran putih telur sebagai perekat ini tetap kokoh berdiri.

Bangunan masjid didominasi warna kuning dihiasi ornamen khas Melayu, ditopang empat buah tiang beton. Setiap sudut bangunan terdapat empat buah menara tempat muadzin mengumandangkan azan. Masjid bersejarah yang dibangun tahun 1832 telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Dalam masjid juga terdapat musyhaf Alquran tulisan tangan hasil karya Abdurrahman Stambul, seorang warga Pulau Penyengat berangka tahun 1867.


Menurut sejarah, masjid ini dibangun dengan menggunakan campuran putih telur, kapur, pasir, dan tanah liat. Namun kekuatan bangunan tidak diragukan. Wisatawan domestik maupun luar negeri menjadikan masjid bersejarah ini sebagai tujuan wisata. Selain sebagai tempat beribadah, Masjid Sultan Riau Penyengat dibangun sebagai simbol perlawanan masyarakat Melayu Riau terhadap penjajah Belanda.

Masjid Raya Sultan Riau
Pulau Penyengat - Tg. Pinang
Kepulauan Riau

--------------
Masjid Penyengat merupakan Masjid Bersejarah di Riau

3 komentar:

  1. dah lame nak main kat sana ... namun lum jge tkabul... ntar kita bareng kesana yuuk bro.. :D

    BalasHapus
  2. yuk kita berbisnis halal
    http://tukangsandal.blogspot.com

    BalasHapus

Banyak Dibaca