11 Agustus 2008

Hari Jadi Riau ke-51, Selamat Ulang Tahun Riau!

Hari Jadi Riau 51
Hari Sabtu 9 (sembilan) Agustus 2008 merupakan hari jadi (ulang tahun) Provinsi Riau ke-51. 9 Agustus 51 tahun lalu Provinsi Riau Berdiri dengan Ibu Kota Pekanbaru, mungkin sebelum itu orang tidak mengenal Riau, daerah daratan paling timur pulau Sumatra. Dalam rangka hari jadi Riau ke-51 ini pemerintah menghelatkan event Riau Expo 2008 untuk mempromosikan daerah Riau.

Sebelum Riau berdiri mungkin kita atau orang-orang tua dahulu hanya kenal Sumatra Timur yang beribu kota di Tanjung Pinang. Dulu Riau terkenal dengan Provinsi Kepulauan dan daratan yang luas, kini entah apa pasal Riau terpisah. Provinsi Riau yang dibentuk 51 tahun lalu mendapatkan saudara muda Kepulauan Riau yang berdiri sendiri dengan Tanjung Pinang Ibu kotanya.

Kini Riau sudah setengah abad dan bercita-cita menjadi Pusat Perdagangan dan Jasa serta berambisi menjadi pusat Budaya Melayu di Asia Tenggara. Riau memiliki ibu kota Pekanbaru, yang merupakan kota yang paling strategis di tanah Andalas (Sumatra).

Di hari jadinya yang ke-51 Riau telah memiliki banyak icon, diantaranya punya TV sendiri (Riau TV), punya koran harian Nasional (Riau Pos), gedung kesenian yang megah (Anjungan Seni Idrus Tintin), memiliki pustaka yang gemilang (Pustaka Wilayah Soeman HS), gedung pemerintahan yang modren (Gedung 9 Lantai) dan sebagianya. Riau juga mencatat berbagai prestasi diantaranya sukses menyelenggarakan Festival Budaya Melayu se-Dunia, sukses menghelatkan Festival Film Indonesia dan PON 2012-pun sudah menunggu.

Kata orang malayu "tak usah banyak cakap lah!," mari kita berdoa bersama di usia Riau yang ke-51 ini, Riau makin kondusif dan bagus, ekonomi lancar, aman dan berjaya. Rakyat sejahtera, bebas buta huruf dan menjadi Provinsi yang paling potensial dalam berbagai bidang, selamat Ulang Tahun yang ke-51, semoga Riau Jaya.

6 komentar:

  1. riau dah makin maju ya..
    tp jangan sampe semorat-marit jakarta ya.. seperti lalu lintas, tata kota, kebersihan, ketertiban, dll

    BalasHapus
  2. To Dee : Semoga besarnya sama tapi lebih baik (he..3x)

    To Novee : Thanks..

    BalasHapus
  3. saya juga udah me-link dirimu..
    keep blogging!! met weekend juga ya..

    BalasHapus
  4. Makasih mampir bonoriau.com..udah me link PekanBaru di bonoriau...harap bisa mampir selalu.

    BalasHapus
  5. To Dee : thanks Dee, have a nice weekend...

    To Bonoriau.com : akan segera dipasang,...

    BalasHapus

Banyak Dibaca