13 Agustus 2008

Waspadai Koneksi Gadget


Akses ke dunia internet semakin mudah. Koneksi via Wi-Fi dan bluetooth kini bukan lagi ranah tak terjamah. Siapa pun bisa memanfaatkan. Tapi, ketenangan mulai terusik. Sebuah situs internet membeberkan ketegangan. Seorang hacker berjuluk RenderMan mengabarkan bahwa sebaiknya matikan koneksi Wi-Fi atau bluetooth saat tidak digunakan.
Lewat jaringan Wi-Fi, kita bisa kehilangan data. Apalagi, berada di area hotspot yang tidak berfasilitas enkripsi data. Siapa pun bisa mengakses data di laptop kita dengan mudah. Meskipun, saat itu si pemilik sedang berada di dalam pesawat terbang dan lupa atau tidak bisa mematikan koneksi Wi-Fi.
Begitu pula fitur bluetooth. Banyak orang mendengarkan lagu dari ponsel lewat headset bluetooth sambil berjalan-jalan. Ada celah pengaman yang bisa ditembus. Sebab, default PIN dari pabrik tidak diubah. Sehingga, orang lain bisa menembus. Parahnya, dia bisa melakukan panggilan tanpa diketahui oleh pemilik ponsel.
Untuk mencegah kerugian itu, RenderMan menyarankan tiga hal. “Matikan bluetooth ponsel bila tak digunakan, jangan gunakan headset kecuali diperlukan, dan batasi akses data ketika terkoneksi dengan gadget lain,” jelasnya.(nto/net)

Banyak Dibaca