07 September 2009

Anggota DPRD Pekanbaru 2009-2014

Anggota DPRD Pekanbaru 2009-2014(Untuk melihat gambar anggota DPR lebih jelas, klik pada gambar)
Firdaus Basyir dan Dadang Antoni Pimpinan Sementara

Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Pekanbaru periode 2009-2014 resmi dilantik, Ahad (6/9) sore pukul 16.15 WIB. Pengucapan sumpah janji anggota DPRD baru ini dilakukan dalam sebuah rapat paripurna DPRD Pekanbaru di Balai Payung Sekaki.

Pelantikan yang dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Pemprov Riau Abdul Latief, Wali Kota Pekanbaru Herman Abdullah, Ketua DPRD Pekanbaru periode 2004-2009 Teguh Pribadi, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru periode 2004-2009 Adrian Ali dan Ayat Cahyadi, Kepala Pengadilan Negeri Pekanbaru Karel Tepu, segenap pimpinan Muspida Pemerintah Kota Pekanbaru,tokoh masyarakat dan keluarga anggota DPRD Kota Pekanbaru.

Rapat Paripurna yang awalnya dipimpin langsung Ketua DPRD Pekanbaru periode 2004-2009, Teguh Pribadi. Dalam sambutannya, Teguh menyatakan selama periode kepemimpinannya sudah terdapat lebih dari 51 Perda dan 80 keputusan yang sudah dihasilkan. Teguh menyampaikan surat keputusan Gubernur Riau KTTS 901/IX/2009 tertanggal 1 September, tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD Kota Pekanbaru, yang kemudian dibacakan Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru, Bukhrani Harun.

Pelantikan ke-45 anggota DPRD yang baru tersebut terlebih dahulu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pengambilan sumpah yang dipandu Kepala Pengadilan Negeri Pekanbaru Karel Tepu, yang dilanjutkan penandatanganan sumpah jabatan. Pelantikan yang dihadiri kurang lebih 500 hadirin berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam.

Dari 45 anggota DPRD yang baru tersebut, 30 di antaranya merupakan wajah baru yang menghiasi anggota DPRD Kota Pekanbaru. Sisanya merupakan anggota DPRD yang terpilih kembali.

Kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru kepada pimpinan sementara, yakni Firdaus Basyir dari Demokrat sebagai Ketua DPRD sementara dan HM Dadang Antoni sebagai Wakil Ketua DPRD sementara.

Dalam sambutannya, Firdaus Basyir mengatakan siap meneruskan paripurna dengan penuh rasa tanggung jawab. ‘’Terimakasih pada pimpinan yang telah melaksanakan dengan baik. Ke depannya akan dilanjutkan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Dan kami mengucapkan terima kasih banyak kepada anggota DPRD yang lama,’’ ucapnya.
Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Pemprov Riau Abdul Latief mengatakan ke depan DPRD dan Pemerintah Kota Pekanbaru dapat bekerja sama dengan baik untuk membangun Kota Pekanbaru. ‘’Semoga ke depannya, semakin baik lagi kerjasamanya dengan Pemko Pekanbaru demi kemajuan bersama,’’ harapnya.

Sedangkan Wali Kota Pekanbaru Herman Abullah mengharapkan akan terus terjalin kerja sama yang baik. Pasalnya, masih ada satu hal yang belum tuntas hingga pelantikan kemarin. Salah satunya adalah terkait pembahasan RAPBD. Setidaknya Wali Kota mengharapkan sudah bisa tuntas jelang Idul Fitri.

Soal banyaknya wajah baru, Wali Kota menyambut positif. ‘’Semakin banyak warna di DPRD semakin baik, seperti masakan yang memiliki berbagai cita rasa. Karena itu, kita harapkan ada kerjasama yang baik dan melanjutkan apa yang sudah kita bangun demi kesejahteraan rakyat,’’ katanya.

Ramai-ramai Janji Bangun Pekanbaru
Setelah pelantikan kemarin, ramai-ramai Anggota DPRD Kota Pekanbaru yang baru dilantik, berjanji akan membangun Pekanbaru. Selain itu, mereka juga berjanji akan benar-benar menjalani kewajibannya sebagai wakil rakyat di Pekanbaru.

Di antaranya, Afrizal Usman yang mengatakan kepada Riau Pos usai pelantikan. Menurutnya, sebagai wakil rakyat tanggung jawab terakhir tentu kepada rakyat.

‘’Kita berjanji akan berusaha semaksimal mungkin menjadi wakil rakyat. Bersama rekan-rekan anggota semua itu pasti akan terwujud. Setidaknya kami akan melanjutkan apa yang menjadi program rekan kami sebelumnya. Pasalnya kami menilai apa yang diprogramkan sebelumnya sudah sangat baik dan sangat perlu dilanjutkan,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi Demokrat Firdaus Basyir didampingi Wakil Ketua sementara DPRD dari Faksi Golkar HM Dadang Antoni SSOs mengaku segera membentuk kelengkapan dewan yang saat ini masih dalam persiapan.’’
Dalam pekan ini, kita akan segera membentuk alat perlengkapan DPRD, supaya seluruh agenda dewan dapat berjalan dengan baik,’’ ujarnya.

Sumber Berita dan Gambar: Harian Riau Pos Edisi Senin, 7 September 2009
Anggota DPRD Pekanbaru 2009-2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca