08 September 2009

Tol Pekanbaru-Dumai Diwujudkan

Akhirnya Riau akan segera memiliki Jalan Tol, jalan tanpa hambatan. Seperti telah lama didengungkan, jalan tol ini akan dibangun dari Pekanbaru ke Dumai. Untuk lebih jelasnya silakan simak berita kutipan dari Harian Riau Pos dibawah ini:
Rencana pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, bukan hanya angan-angan yang tak akan terealisasi, namun akan diwujudkan.

Demikian ditegaskan Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, kepada wartawan usai melakukan safari Ramadan di Kota Dumai tepatnya di Masjid Taqwa Jalan Jendral Sudirman Sabtu (5/9). Menuurt Mambang Mit, jalan tol yang akan dibangun sudah lama menjadi isu hangat, dan yang perlu dilakukan saat ini adalah kerja sama dari masyarakat di beberapa kabupaten/kota termasuk Kota Dumai untuk membebaskan lahannya yang akan digunakan sebagai sarana jalan tol nanti.

‘’Pemprov akan membentuk tim pembangunan jalan Tol, tim itu nanti akan melakukan berapa tugas, termasuk dalam hal pembebasan lahan. Dengan jalan yang ada saat ini, Dumai-Pekanbaru dapat ditempuh selama lebih kurang 3 jam dan 4, dan itu tergantung kondisi jalan dan banyaknya kendaraan yang menggunakan jalan,’’ ucap Wagubri Drs H Mambang Mit.

Namun jika jalan tol telah ada, maka waktu tempuh Pekanbaru-Dumai dapat dipangkas dan hanya perlu 1,5 jam saja. Untuk mewujudkan itu semua, Pemerintah Provinsi Riau akan membentuk tim pembangunan jalan tol Dumai-Pekanbaru. ‘’Untuk merealisasikan jalan Tol Dumai-Pekanbaru, kita akan bentuk tim pembangunan jalan tol, yang terdiri dari empat kabupaten Kota yang wilayahnya dilalui jalan Tol, termasuk juga Kota Dumai,’’ ujar Wabubri.

Rencana pembebasan lahan yang akan digunakan untuk jalan tol tersebut berada di wilayah Dumai, Pemkab Bengkalis, Pemkab Siak dan Pemko Pekanbaru, empat wilayah ini akan menjadi tim. Selain menyangkut pembebasan lahan di wilayahnya masing-masing, tim ini akan mencarikan solusi pendanaan yang bakal diterapkan untuk sharing budget.

Wagubri yang juga didampingi Wali Kota Dumai Drs H Zulkifli AS Msi dan Wawako dr H Sunaryo menambahkan, pembangunan jalan tol tersebut dinilai sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau, dengan potensi Dumai sebagai daerah industri, merupakan pintu masuk dari luar negeri, tentunya memerlukan infrastruktur yang handal, termasuk jalan tol.
Nah lho! kita tunggu aja realisasi jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini, jika sudah siap maka waktu tempuh Pekanbaru ke kota Dumai semakin singkat. Mari kita doakan agar cepat dibangun..

1 komentar:

Banyak Dibaca