06 September 2009

Pekanbaru, Kota Investasi Nomor 1 Indonesia 2009

Tidak mengada-ngada, Kota Pekanbaru menjadi kota yang paling direkomendasikan untuk berinvestasi dengan tingkat kepuasan investor tinggi. bagaimana bisa Pekanbaru menjadi kota Investasi nomor 1 di Indonesia ini. Coba simak kutipan tulisan Raja Isyam Azwar, pemimpin Redaksi harian Riau Pos.
Hebatnya lagi, Ibu Kota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru pun ditasbihkan sebagai Kota Besar dengan prestasi terbaik di negeri ini. Kota Pekanbaru, merupakan kota yang paling direkomendasikan (menurut survei Bussines Diggest dan Majalah SWA) sebagai kota investasi, The Most Recommended Cities to Invest, dengan total indeks kepuasan dan rekomendasi (IKR) tertinggi se-Indonesia, yakni 124,8 IKR. Pekanbaru menempati posisi teratas, mengungguli Bandung, Surabaya dan Jakarta serta meninggalkan Padang dan Batam, jauh sekali.

Gubernur Riau Rusli Zainal dan Wali Kota Pekanbaru Herman Abdullah, jelas merupakan tokoh sentral dari terciptanya ‘’kebaikan’’ ini. Di tengah carut marut dan banyaknya pekerjaan rumah (pe-er) yang belum terselesaikan, prestasi ini merupakan anugerah yang patut disyukuri, memang.

Tapi, carut-marut dan problem sosial kemasyarakatan di provinsi kaya sumber daya alam, masih banyak. Meski jalur birokrasi sudah berhasil dipangkas dan biaya pengurusan investasi sudah bisa ditekan, tapi masalah lain masih berjibun. Tingkat kemiskinan masih sangat significant. Kriminalitas semakin tinggi. Kualitas SDM relatif rendah. Pungutan liar masih merajalela serta banyaknya ‘’pihak-pihak ilegal’’ yang masih menguasai beberapa ‘’lahan basah’’ menyangkut distribusi barang dan jasa.

Bahkan, kesiapan lokasi industri Tenayan yang disebut-sebut sebagai penunjang sentral Kota Pekanbaru sebagai salah satu pusat pertumbuhan investasi paling potensial ini, patut mendapatkan prioritas untuk dibenahi. Betul-betul dibenahi dan dikerjakan, bukan sekadar lips service semata.

Hari ini, prestasi membanggakan memang telah dicapai. Pekanbaru tak lagi cuma ‘’sangat terkenal’’ sebagai Kota Besar Paling Bersih di Indonesia, tapi berkuah banjir tiap musim hujan. Riau pun tidak lagi terkenal cuma karena atas bawah minyak tapi rakyatnya bodoh dan miskin.
Bagaimana? sekarang Anda percaya bahwa kota Pekanbaru menjadi kota yang paling berpotensi dan memiliki prospek tinggi untuk berinvestasi?

1 komentar:

Banyak Dibaca