22 Januari 2009

Jadi Pilar Visi Riau 2020

PEKANBARU - Walaupun sudah digaungkan di negara tetangga Malaysia, harusnya Gerakan Sejuta (Genta) Melayu, baik Majelis Genta Melayu atau PT Genta Melayu Serumpun, juga digaungkan lebih massal di Indonesia. Karena orang-orang Melayu juga banyak menyebar di seluruh ranah Indonesia.

Hal itu disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Soemardhi Thaher kepada Riau Pos, kemarin. Menurutnya, Genta Melayu harus mampu bergaung dimana-mana. Apalagi sebagian wilayah Indonesia dihuni oleh puak-puak Melayu. Hampir seluruh bagian Pulau Sumatera adalah suku Melayu. Di Kalimantan dan Sulawesi juga banyak yang satu kekerabatan dengan Melayu. Begitu juga dengan sebagian Pulau Jawa.

‘’Melayu itu besar. Hampir sebagian besar wilayah dan penduduk Indonesia adalah orang Melayu. Ini belum lagi beberapa negara di dunia yang juga dapat digolongkan orang Melayu. Saya yakin, PT Genta Melayu Serumpun atau Majelis Genta Melayu ini bisa sangat besar nantinya,’’ kata Soemardhi.


Dia menyebutkan, sebagai wakil daerah di Senayan, Soemardhi siap memperjuangkan di tingkat nasional bersama wakil rakyat yang lainnya.

Soemardhi juga mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus PT Genta Melayu Serumpun dan Majelis Genta Melayu yang sudah terbentuk. Dia menilai susunan pengurus sudah kualifaid karena diambil dari orang-orang yang sudah punya track record yang bagus. Seperti Sekretaris Jendral Edyanus Herman Halim, Soemardhi menyebutnya sebagai akademisi sekaligus praktisi. Selama ini komitmen Edyanus sangat kuat dalam memajukan Melayu serta action-nya di lapangan juga sudah terlihat.

‘’Khusus untuk komisaris dan direksi PT Genta Melayu Serumpun saya tak dapat berkomentar lagi. Mereka adalah orang-orang yang layak memenej perusahaan itu. Siapa yang tak kenal Muchtar Achmad dan Rida K Liamsi. Ibaratnya, mereka adalah midas kecil. Hampir semua usaha yang dibuat Rida berhasil,’’ kata Soemardhi.

Karena itu pula, Soemardhi meminta masyarakat menyokong Genta Melayu ini. Karena dengan gerakan seperti inilah nantinya angka kemiskinan di Riau dapat diturunkan lebih cepat. Seperti kata Soemardhi, inilah salah satu gerak besar yang akan menjadi pilar atau tiang tengah keberhasilan Visi Riau 2020.

‘’Bagi orang Melayu yang mempunyai kecukupan uang, mari kita menanamkan modal di sini. Sedangkan yang belum punya, silakan membuat usaha dan berkembang di bawah Genta Melayu. Setelah nanti berhasil, harus siap pula menjadi donatur,’’ kata Soemardhi.

Sumber: Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca