10 Januari 2009

PON 2012 Riau Bidik 5 Besar

Pada PON di Kaltim tahun 2008 lalu, Riau menempati posisi 10 dalam daftar akhir perolehan medali. Riau mengoleksi 16 emas, 14 perak dan 23 perunggu. Predikat tuan rumah PON XVIII tahun 2012 mendatang, memberikan motivasi bagi Riau untuk mendulang prestasi.

Tak tanggung-tanggung, semangat yang menggebu itu terlontar dari Gubernur Riau HM Rusli Zainal dengan menyebut Riau akan mampu masuk dalam jajaran 5 besar periah medali.

''Target kita sebenarnya masuk 10 besar, tapi kenapa tidak target itu kita perbaiki menjadi lima besar,'' ujarnya.

"Apalagi dengan rentang waktu yang tersisa kita masih bisa menyiapkan diri untuk memperkuat skuad Riau tampil maksimal. Ditambah lagi dukungan masyarakat Riau yang akan menyemangati atlet-atlet kita,'' tambah Rusli kepada wartawan baru-baru ini.


Secara umum, dalam mempersiapkan penyelenggaraan PON XVIII, ada dua agenda yang tengah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pertama, mepersiapkan aspek fasilitas yang meliputi perbaikan dan pembangunan insfrastruktur olah raga, seperti gelanggang olah raga, venus dan sarana penunjang lainnya.

Untuk aspek ini, Pemprov sudah mempersiapkan beberapa proyek pengerjaan, termasuk persiapan pembangunan stadion utama yang direnacanakan berlokasi di Universitas Riau. Sedangkan aspek kedua adalah aspek prestasi. Untuk bidang ini Pemprov meminta pada Pengurus Daerah (Pengda) cabang olah raga untuk merekrut atlet yang handal.

''Masing-masing pengda kita himbau untuk mempersiapkan skuadnya yang akan tampil di PON. Ini harus dilakukan secara serius, agar Riau dapat memperlihatkan prestasinya di tingkat nasional,'' tambah Rusli yang juga menjabat Ketua Komite Olah raga Nasional (KONI) Riau ini.

Bagi Rusli Zainal pelaksanaan PON di Riau memiliki banyak dampak positifnya bagi Riau, tidak hanya di bidang olahraga saja. Namun beberapa bidang lain, bisa ikut.

''Selain untuk olah raga, PON bisa menjadi ajang promosi daerah. Ini harus kita manfaatkan momennnya,'' sebut Rusli.

Sumber: Pekanbaru Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca