30 Mei 2009

Wisata Riau Ditawarkan ke Timur Tengah

KUNJUNGAN DUBES: Gubri HM Rusli Zainal SE MP menerima kedatangan Duta Besar (Dubes) RI untuk Amman dan Yordania Zainul Bahar Nur (kanan) dan Dubes RI untuk Abu Dabi Wahid Supriyadi (tengah), Kamis (28/5/2009).(Humas pemprov)Wisata Riau - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau Kamis (28/5), kedatangan tamu dari Duta Besar (Dubes) RI untuk Amman dan Yordania Zainul Bahar Nur dan Dubes RI di Abu Dabi Wahid Supriyadi. Kedatangan tamu tersebut bermaksud untuk menjalin kerja sama wisata dan investasi, di Riau dengan negara Timur Tengah.

Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal mengatakan, tujuan kedatangan kedua Dubes RI ini dalam rangka mengumpulkan data potensi wisata dan investasi yang akan dikenalkan kepada negara di Timur Tengah.

‘’Kedua Dubes RI dari Abu Dabu dan Amman, Yordania, mempunyai keinginan memperkenalkan Riau kepada Timur Tengah. Jalinan kerja sama dengan dua negara Timur Tengah ini sangat dinantikan mereka. Dayung bersambut namanya,’’ kata Rusli Zainal kepada Riau Pos, Kamis kemarin, usai kunjungan ke Gedung Sembilan Lantai.

Bagi Rusli Zainal, kesempatan yang diberikan Dubes RI di dua Negara Timur Tengah ini memberikan pencerahan bagi perkembangan ekonomi, terutama dibidang wisata. Paling tidak, bisa mencontoh Malaysia yang sudah dahulu melakukan kerja sama dengan luar negeri.

Dimana, kata dia, Malaysia berhasil menarik minat wisatawan asing sebanyak 36.000 setiap tahunnya berkunjung melihat potensi wisata di negara jiran ini. Berkaca dari negara tetangga inilah, Riau akan berusaha melakukan hal yang sama.

‘’Dua Dubes RI ini sangat menarik untuk ditindaklanjuti Pemprov Riau. Bagaimana mengemas potensi wisata dan investasi yang bisa menarik minat Timur Tengah. Ini akan kita fikirkan dengan baik,’’ ujar dia.

Sementara itu Dubes RI di Amman, Yordania, Zainul Bahar Nur, mengatakan, pengemasan potensi wisata sangat bagus bila dilakukan Riau. Potensi wisata yang ada di Riau, menurut dia, memiliki penawaran bagus bagi negara Timur Tengah yang dikenal tidak kaya akan budaya dan seni.

Negara Timur Tengah, seperti Amman, tambahnya, hanya memiliki keuangan yang banyak. Tapi, tidak memiliki sebuah pentas seni. Kesempatan inilah yang menurut dia lagi, perlu mendapatkan perhatian Riau.

‘’Saya bersedia memperkenalkan potensi wisata Riau ini kepada Negara Timur Tengah. Karena saya lihat Riau memiliki semua itu. Baik itu potensi wisata dan investasi menguntungkan. Apa yang digambarkan pak Gubernur Riau akan menjadi bahan kami,’’ ujar dia mengakhiri.

Berita & Foto: Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca