12 Juli 2009

24 Pelajar Wakili Riau di OSN

Olimpiade Sains tingkat Provinsi yang diadakan bulan Juni lalu telah berlalu. Begitu juga dengan harapan seluruh peserta olimpiade tingkat provinsi itu, pengumuman peserta yang lulus ke ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN_ telah keluar. Sebanyak 24 pelajar terbaik provinsi ini kelak akan mewakili Riau ke ajang bergengsi itu.

Peserta-peserta OSN yang akan berjuang pada bulan Agustus mendatang berasal dari berbagai sekolah menengah atas di provinsi ini. Begitu juga dengan pilihan bidang yang akan diperlombakan. Dari bidang fisika, matematika, biologi, kimia, informatika, astronomi, kebumian dan beberapa bidang lain yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan (Disdik).

Sebenarnya, OSN ini telah adakan beberapa tahun yang lalu. Dan, dalam beberapa tahun belakangan, pelajar terbaik negeri ini yang berasal dari Riau telah berhasil lolos ke ajang Olimpiade Sains Internasional. Seperti salah seorang pelajar SMAN Plus Riau yang bernama M Iqbal Bhakti Utama, berhasil lolos dalam Olimpiade Astronomi Internasional.

Kemudian, tahun ini disusul oleh Arief Haritsah (SMAN Plus Riau dalam Olimpiade Kebumian Internasional), Raja Oktovin (SMAN 1 Pekanbaru dalam Olimpiade Matematika Internasional), dan Bening Tirta Muhammad (SMAN 1 Pekanbaru dalam Olimpiade Kimia Internasional). Selain itu masih ada beberapa pejuang Olimpiade Internasional yang berasal dari Riau, seperti salah seorang alumnus SMAN Plus Fendrico Pratama dalam Olimpiade Biologi Internasional beberapa tahun yang lalu.

Begitu juga dengan prestasi yang telah diraih Riau dalam berbagai event Olimpiade selama ini. Seperti tahun lalu, Riau mendapatkan 10 medali pada ajang yang bergengsi itu. Begitu juga dengan tahun ini, pelajar terbaik Riau telah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi pesta para pecinta sains ini. Para peserta OSN yang telah terpilih untuk mengikuti acara ini mengaku telah melakukan persiapan jauh-jauh hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Salah satu contohnya, adalah sebelas orang peserta OSN tahun ini dari SMAN Plus mengaku telah melakukan persiapan yang matang dalam ajang ini. Tidak hanya itu, seluruh sekolah yang mengirimkan utusan terbaiknya juga mengaku telah mempersiapkan anak didiknya sejak mereka baru menginjakkan kakinya di sekolah baru itu. Mulailah berbagai pelatihan persiapan Olimpiade dilakukan. Dengan harapan agar setiap utusan-nya dapat memberikan yang terbaik untuk Riau dan negeri ini. (Yelna-CCMD)

Dukung: Rusli Zainal Sang Visioner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca