30 Agustus 2009

Penyebab Krisis Listrik di Riau

Apa penyebab krisis listrik di Riau, khususnya yang kuat dirasakan di Pekanbaru? bisa dikatakan pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang selalu keluar dari mulut masyarakat.

Menurut salah satu petinggi Riau seperti dikutip dari situs Riauinfo.Com, Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit menilai krisis listrik di Riau merupakan dampak dari minimnya infrastruktur kelistrikan di Riau.

Apa hal ini benar?, memang ada betulnya tapi berdasarkan dialog yang terjadi antara pihak PLN dan wartawan didapati bahwa debet air waduk PLTA Koto Panjang juga merupakan penyebab utama terjadinya krisis listrik di Riau yang ikut dirasakan langsung ibu kota provinsi, Pekanbaru.

Berdasarkan analisa, debet air yang kurang di waduk PLTA disebabkan oleh gundulnya lahan di sekitar waduk tersebut. Dengan minimnya pohon di daerah yang dibebaskan oleh PLN itu membuat tanah tidak bisa menyimpan air hingga, ketika musim kemarau tiba akan berdampak hebat pada penyusutan debet air yang menjadi penopang utama generator penghasil listrik.

Jadi, jika ingin menyelesaikan masalah krisis listrik di Riau, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah mereboisasi kembali daerah di pinggiran waduk PLTA, dengan begitu phon-pohon bisa menyimpan air cadangan.

Bagaimana, sudah tahukan penyebab krisis listrik di Riau bukan?. Semoga krisis listrik (baca energi) bisa cepat berakhir.

2 komentar:

  1. mari galakkan menanam pohon sesegera mungkin..
    demi hidup kita kedepannya..
    dan juga menghindari dampak lain sesudahnya..

    BalasHapus
  2. mari galakkan menanam pohon dalam hidup kita..
    agar hidup kita aman kedepannya..

    BalasHapus

Banyak Dibaca