28 Desember 2011

Banjir di Riau 2011

Hingga Januari, Masih Diselimuti Curah Hujan
Banjir Masih Mengancam Riau

Hingga Januari tahun 2012 mendatang, banjir masih mengancam Riau. Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, menganalisa curah hujan yang kini masih mengguyur Riau dan Kabupaten/kota, masih akan terus berlanjut. Analisa yang dilakukan dengan melihat kondisi cuaca saat ini memperkirakan hingga Januari 2012 mendatang Riau masih diselimuti curah hujan.

"Melihat kondisi sekarang dari hasil pengamatan yang dilakukan, BMKG Pekanbaru memperkirakan kalau curah hujan Riau dan Kabupaten/kota lainnya masih cukup banyak," beber Kepala BMKG Pekanbaru melalui Kepala Kelompok Analisa dan Prakiraan BMKG Pekanbaru Marzuki, Senin (26/12) menjawab Riau Pos.

Marzuki menjelaskan, curah hujan yang meliputi Riau di bulan Desember 2011 ini tidak jauh berbeda dengan banyaknya curah hujan yang terjadi bulan November 2011. Kondisi ini pun, akan masih terlihat hingga Januari 2012 mendatang.

BMKG Pekanbaru menganalisa, curah hujan berpeluang pada sore dan malam hari. Angin bertiup dari arah Barat Laut sampai dengan Timur Laut dengan kecepatan 5-25 Kilometer per jam, kecepatan angin maksimum dapat mencapai 45 kilometer per jam.

"Curah hujan ini merata di seluruh kabupaten/kota. Di wilayah Kabupaten Bengkalis bagian timur sedikit rendah dibandingkan kabupaten/kota lainnya," jelas Marzuki.

Analisa ini dilakukan BMKG Pekanbaru setiap hari dengan menganalisa kondisi cuaca yang terjadi saat ini. Hasil ini pun disampaikan BMKG Pekanbaru ke masing-masing kabupaten/kota untuk diinformasikan pada masyarakat. Sehingga bisa menjadi pedoman bagi masyarakat di masing-masing kabupaten/kota di Riau.

Sumber: Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca