28 Desember 2011

Pasar Cika Puan Pasca Terbakar 2011

Pasca Kebakaran Pasar Cik Puan
Tindakan Pemko Dinilai Lamban

KOTA (RP)-Meskipun belum didata kembali Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pasar Kota Pekanbaru. Pedagang Pasar Cik Puan sudah mulai membangun kembali kios mereka pasca kebakaran beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut dilakukan karena pedagang sudah tidak sabar lagi untuk memulai aktivitas jual beli untuk memnuhi kebutuhan keluarga.

Penjual Pakaian Pedagang Pasar Cik Puan, Arizam mengaku, kios yang sudah terbakar sudah dapat dibangun lagi dengan swadaya, pasalnya Dinas Pasar Kota Pekanbaru sudah memperbolehkan pedagang
untuk membangun kiosnya kembali di tempat yang lama. ''Kalau ditunggu izin resmi lamban,sementara kami butuh biaya untuk hidup keluarga hanya bersumber dari berdagang,'' ungkapnya ketika ditanyai, Senin (26/12) kemarin di Pasar Cik Puan Pekanbaru.

Dikatakan Arizam,meskipun pembangunan kios seadanya,baik dengan dana swadaya maupun dengan dana sendiri atau dana pinjaman, pedagang tetap akan membangun kios tersebut. ''Walaupun surat izin itu belum ada, namun Pemko juga sudah mengizinkan untuk membangun kios kembali,'' ungkapnya lagi.

Arizam mengaku, harus memulai usahanya kembali dari nol, karena kebakaran tersebut menghanguskan hampir seluruh pakaian dagangannya. Dia juga menceritakan, Pasar Cik Puan ini kerap kali mengalami musibah kebakaran dalam rentang waktu 1982 hingga 2011 sudah terjadi sembilan kali kebakaran.

''Untuk saat ini Pembeli masih sepi, dan aktivitas jual beli kembali normal biasanya setelah kios sudah selesai dibangun,'' ujarnya, ketika ditemui disela-sela aktivitas dagangannya dengan di ruang terbuka.

Ketua Asosisi Pedagang Pasar (APPSI) Pasar Cik Puan, Afrizal Tanjung mengatakan, Sebenarnya Pemko sudah memperbolehkan pedagang untuk membangun kembali kios mereka walaupun secara tertulis
surat tersebut belum keluar. ''Pedagang sudah tidak sabar untuk membagun kios mereka kembali untuk agar secepatnya dapat kembali berjualan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka,'' tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pasar Kota Pekanbaru, Zulkarnain mengaku, Pemko memang sudah memperbolehkan pedagang untuk kembali membangun kios mereka setelah dilakukan pendataan. Namun
hingga saat ini pihaknya belum turun untuk mendata dan membersihkan kembali Pasar Cik Puan.

''Insya Allah! Besok (hari ini,red) kami akan turun untuk membersihkan dan mendata kembali pedagang Pasar Cik Puan,'' ungkapnya.

''Memang berdasarkan pantauan saya beberapa pedagang sudah mulai membangun kiosnya kembali, saya juga maklum karena mereka sudah tidak sabar untuk memulai aktivitas berdagang mereka, meskipun belum di data, hal itu sudah saya larang agar tidak dilanjutkan dulu hingga pembersihan pasar dan pendataan selesai
dilakukan,'' terangnya.

Menurut Zulkarnain, hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan proses penyelidikan pasca terbakarnya pasar Cik Puan. Sementara itu, ketika ditanya berapa lama pendataan dilakukan, Zulkarnain tidak dapat memastikan,namun diperkirakan lebih kurang sepekan. ''Kira-kira kami membutuhkan waktu seminggu untuk
mendata, pihak kami turun langsung mendata pedagang,'' katanya.

Berdasarkan pantuan terlihat beberapa pedagang Pasar Cik Puan sudah mulai sibuk membangun kios-kios mereka kembali, meskipun pembangunan kios tersebut seadanya.

Sumber: Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca