20 September 2008

300 Mahasiswa UIR Ikuti BII

SEBANYAK 300 orang mahasiswa baru Universitas Islam Riau (UIR), Selasa-Rabu (16-17/9) lalu mengikuti Bimbingan Islam Intensif (BII) 2008 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Acara yang bertema ‘Ketika Islam Tidak Sekedar Kewajiban, tapi Kebutuhan’ ini dibuka Pembantu Rektor (PR) III Drs Rahyunir Rauf MSi.

‘’BII ini merupakan program Rektorat dalam menyambut mahasiswa baru. Sebagai penyelenggara acaranya, pihak Rektorat menyerahkan secara penuh kepada UKMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam) Alkahfi,’’ ungkap Rauf dalam sambutannya.

‘’Sebenarnya pihak universitas (UIR, red) ingin melaksanakan kegiatan ini untuk seluruh mahasiswa baru. Namun, karena kapasitas gedungnya yang tidak memadai, maka yang mengikutinya diambil dari utusan fakultas masing-masing,’’ sambungnya.

UIR, lanjutnya lagi, memang telah memprogramkan BII sejak 8 tahun lalu. Dan, 4 tahun belakangan ini, kegiatan BII digelar di bulan Ramadan agar lebih islami.

Dalam acara itu, selain dimeriahkan dengan penampilan puisi, juga diisi bintang tamu, yakni nasyid Skadoro X dari SMAN 10 Pekanbaru. Dan, yang paling istimewa tentunya, UIR menghadirkan tim trainer Mata Air Surga Training Center (Master) dari Bandung, Jawa Barat.

Menurut Koordinator acara, Ariswan, BII ini bertujuan untuk meretas kehidupan yang islami. ‘’Apalagi pesertanya mahasiswa baru sehingga membutuhkan pemahaman islam secara kaffah (menyeluruh). Dan training ini merupakan pintu gerbang pembinaan keislaman itu,’’ ujar Aris kepada Xpresi di sela-sela acara.

Sementara itu, Ketua Dewan Syuro Master, Syaiful, mengaku berbahagia bisa bersilaturahmi dengan mahasiswa UIR.
‘’Kita mengucapkan terima kasih kepada UIR yang telah menyelenggarakan acara ini. Dan, kami berbahagia sekali bisa bersilaturahmi dengan kawan-kawan yang berjuang di jalan Allah,’’ tuturnya.

Akhir acara, dilanjutkan dengan buka bareng bersama rektor dan dosen UIR di masjid Almunawarah sekaligus penutupan acara BII oleh Rektor UIR, Prof Dr Ir Jumin Basri MSc. (Dodi Putra CCMD-Mahasiswa FKIP UIR/nto)

Banyak Dibaca