13 September 2008

Banjir di Pekanbaru Hasil Luapan Sungai Siak, Rendam 1000 Rumah

Banjir Pekanbaru, Luapan Sungai SiakHujan deras yang mengguyur selama dua jam dini hari tadi, Jumat dan Sabtu(12-13/09) telah menimbulkan banjir di sejumlah kawasan di Pekanbaru. Banjir tersebut bahkan telah merendam puluhan rumah dan menenggelamkan sejumlah ruas jalan. hal ini tak lepas dari luapan rutin Siak yang terjadi tiap tahunnya.

Belum genap setahun, banjir besar kembali datang menghampiri pemukikan warga. Hujan yang terus menerus, membuat warga Rumbai, Pekanbaru mengungsi ketempat yang lebih tinggi. Air menggenangi warga sudah sepekan, perlahan lahan air terus merangsek naik. Akibatnya, tanggul penahan banjir tidak seimbang dengan arus air sungai Siak yang masuk.

Menurut data yang kami himpun dilapangan, kecamatan yang terendam banjir diantaranya kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. Seperti yang terlihat Sabtu (13/9) sore di sekitar pinggiran Jalan Yos Sudarso, tepatnya tidak begitu jauh dari Jembatan Leighton. Ratusan warga terlihat mampir ke sini melihat bencana banjir yang telah membuat ratusan kepala keluarga mengungsi di tenda-tenda yang didirikan sekitar Jalan Yos Sudarso itu.

"Dari kemaren, kami hanya diam dirumah menunggu bantuan, sampai saat ini transportasi melewati banjir tidak ada" Ungakap Anto, ketika ditemui di pinggiran jalan sambil menatapi tingginya air kemarin(13-09).Disamping itu, hujan diperkirakan akan terus turun mengingat, bulan ini adalah musim penghujan dan meneruskan luapan rutin sungai Siak.

Oleh: Ridwan, Pekanbaru! Riau Team

2 komentar:

  1. Hi,

    I'm Alisha from Wowzio, and I'm excited to tell you about our new widget platform that helps bloggers increase readership by providing engaging widgets containing your blog's rich content. You can check out widgets customized for your blog here:

    Wowzio Widgets for your Blog

    I wanted to reach out to you to ask for your feedback on these widgets (feel free to install them on your blog, if you feel they are a good fit). I'm sorry for leaving this message via a comment, it's not at all our intent to spam you ( which is why i'm leaving this comment on an older post and you can always remove this comment ). Again, we would love to hear your feedback.

    Thanks,
    Alisha Wright
    alisha.wright2@gmail.com

    BalasHapus
  2. Banjir itu musibah, bukan hanya di Pekan baru tp boleh dibilang hampir diseluruh wilayah Indonesia, apalagi Jakarta, kalau hujan 1 jam saja sudah banjir.

    BalasHapus

Banyak Dibaca