08 September 2008

Sistem Cepat Belajar Alquran

Metode Al Bayan

Pelajaran membaca ALquran dari waktu ke waktu memiliki metodenya tersendiri. Dari inovasi cara belajar membaca Alquran itu kemudian muncul berbagai bentuk yang tujuannya sama: mempelajari Alquran secara benar dan baik. Sekarang, muncul lagi cara cepat belajar membaca Alquran.

Selain metode yang sudah ada misalnya sistem Iqro’, muncul lagi beberapa metode baru cara cepat belajar membaca Alquran. Salah satunya adalah metode Al-Bayan. Lewat cara ini, diharapkan akan ada sistem yang melengkapi beberapa sistem pembelajaran yang sudah ada sebelumnya.

Buku Metode Al-Bayan ini merupakan buku bimbingan belajar Alquran yang lahir dari hasil penelitian dan uji coba yang dilakukan beberapa kali dan di beberapa kawasan. Misalnya di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Diperlukan waktu 13 tahun menerapkan metode ini sebelum dijadikan model dan dibukukan. Tak hanya itu, prototype buku ini juga sudah digunakan di beberapa SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) sebagai buku pedoman pengajaran membaca Alquran.

Terdapat beberapa hal yang disampaikan dalam metode Al-Bayan ini dan menjadi keistimewaannya. Misalnya adalah cara belajar yang cepat, tepat dan praktis. Metode ini menggunakan tingkat usia dan jumlah pertemuan sebagai tolok ukur.

Waktu pertemuan juga dapat lebih singkat. Metode ini juga menggabungkan cara belajar huruf Arab dengan membaca yang benar menurut ilmu tajwid. Pelajaran dalam metode Al-Bayan juga tersusun secara sistematis, dan dilengkapi dengan bantuan cara membaca versi Indonesia. Kelebihan lain adalah contoh latihan pada setiap akhir pertemuan yang diambil dari mushaf standar Madinah. Ini masih ditambah dengan ilustrasi yang menvisualisasikan huruf hijaiyah.

Metode ini terlahir dari ketekunan dan keseriusan penulisnya dalam mengabdikan diri dalam pelajaran Ilmu Alquran. Tentu saja dengan pengalaman selama 13 tahun mengajar, maka metode ini sudah memiliki penguatan-penguatan. Penerapannya juga tentunya lebih baik dari metode yang ada sebelumnya.***

Banyak Dibaca