20 Desember 2008

Antara Khalifah dan Penguasa

Antara Khalifah dan Penguasa  KHALIFAH, yang secara harfiah berarti wakil atau yang diamanahkan, menjadi hal yang penting diaktualisasikan lagi. Apa pasal? Sebab kepemimpinan yang kerap sekarang diterapkan, tak lagi, atau jarang menggunakan konsep khalifah. Sekarang pemimpin lebih banyak menggunakan konsep penguasa, yang kehilangan nilai amanahnya.

Pemimpin dengan konsep khalifah adalah mereka yang mampu menjabarkan kepemimpinan dari ajaran-ajaran Allah. Khalifah Allah, berarti ‘’pengganti’’ Allah di bumi, dengan menjalankan amanah kepemimpinan yang berat ini. Konsep khalifah tentu berbeda dengan konsep pemerintah. Pemerintah, lebih identik sebagai orang-orang atau penguasa yang hanya suka memerintah saja. Mereka bukan pemimpin sejati, yang hanya memerintah dan lupa dengan amanah dan beban berat sejarahnya.


Dalam konteks yang lain, khalifah adalah orang-orang pilihan yang harus menjalankan fungsi ketuhanan di bumi. Sungguh berat. Sebab itu, tak banyak yang mampu menjadi khalifah. Tak banyak stok pemimpin yang berani mengambil peran pemimpin yang sesungguhnya.

Buku Menjadi Khalifah Allah di Bumi ini memaparkan tentang konsep-konsep kepemimpinan islami yang kini cenderung diabaikan. Orang berebut menjadi penguasa, pemerintah atau yang lainnya dengan hanya ambisi berkuasa.

Kumpulan tulisan Ketua ICMI Orwil Riau, Prof Dr Tengku Dahril ini sedikit banyaknya mengingatkan kita tentang pentingnya kepemimpinan dengan jiwa islami. Sesuatu yang jarang diwacanakan dan bahkan nyaris dilupakan.***

Muhammad Amin

Banyak Dibaca