12 Desember 2008

Taluk Kuatan Bertekad Raih Adipura 2009

Pada 2009, Pemkab Kuansing bertekad meraih Adipura khususnya Kota Teluk Kuantan sebagai kota kecil terbersih. Namun untuk 2008 ini, Pemkab tetap berupaya meraih prestasi gemilang dalam penilaian Adipura.

Menurut Kadis Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kuansing, H Muharlius SE MM, tim penilai Adipura akan datang ke setiap kota kecil termasuk ke Teluk Kuantan untuk melaksanakan penilaian sebelum menentukan kota mana yang akan mendapatkan Adipura.

Karena itu katanya semua elemen yang akan dinilai oleh tim penilai saat ini sedang dibenahi seperti taman-taman kota yang ada, komplek pasar atau perdagangan, lingkungan warga masyarakat, jalan dan juga daerah aliran sungai. Semua petugas dimaksimalkan untuk membenahinya.

”Taman-taman akan dibenahi, lingkungan pasar dan pusat perdagangan kan dibenahi, warga diminta membersihkan dan menata lingkungan termasuk di arena tepian Narosa Teluk Kuantan tempat lokasi pacu jalur,” ujarnya.


Khusus di arena Tepian Narosa sebutnya pasca pacu jalur masih banyak bekas-bekas bangunan tribun atau tempat menonton pacu jalur yang dibangun masyarakat masih banyak yang belum tuntas dibongkar. Karena itu katanya, beberapa waktu lalu DPKP menyurati pemilik tribun untuk segera membongkar bekas bangunan tribun yang belum dibongkar.

”Dari informasi mereka sudah berkenan untuk membongkarnya namun terkendala karena air Sungai Kuantan yang meluap, dan akan membongkar jika air Sungai Kuantan surut,”ujarnya.

Ditegaskannya untuk tahun ini Kuansing tidak menargetkan meraih Adipura, karena masih banyaknya kendala yang dihadapi petugas di lapangan dalam membersihkan kota sesuai ukuran Adipura. Seperti dukungan anggaran yang belum memadai untuk mendukung operasional petugas kebersihan di lapangan.

Hanya saja katanya walaupun masalah ini dihadapi petugas di lapangan namun petugas kebersihan tetap mampu memberikan terbaik. Hal ini terbukti dari tingkat kebersihan kota yang semakin meningkat setiap tahunnya. ”Buktinya dengan berbagai kendala setelah pacu jalur dalam waktu singkat petugas di lapangan mampu membersihkan waktu sehingga lingkungan menjadi nyaman kembali seperti sebelum pacu jalur,”ujarnya.

Walaupun tidak menargetkan raih Adipura 2008 ini sebut Muharlius, namun untuk 2009 mendatang Kuansing akan bertekad meraih Adipura ini. Karena berbagai persiapan seperti personil dan anggaran akan diupayakan dalam tahun 2009 mendatang.

”Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk melengkapi semua kebutuhan petugas di lapangan dalam membersihkan kota termasuk menata taman-taman yang ada. Namun demikian untuk saat ini kita pantas memberikan apresiasi atas keberhasilan mereka dalam melaksanakan tugas membersihkan pasar, jalan dan merawat taman-taman kota yang ada,”ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca