14 Desember 2008

Rabithah Cinta - Resensi Novel Rabithah Cinta

Bagi penggemar novel dengan alur mendebarkan dan sesekali menyesakkan dada dengan haru maka Rabithah Cinta adalah jawabnya. Novel remaja ini eksploratif dengan setting alam Papua yang masih hijau ranau. Hal itu bermula ketika Syakilla berjodoh dengan Ryan seorang dokter yang kemudian ditugaskan ke pedalaman Papua.

Bagaimana rasanya hidup di daerah asing dan terpencil yang segala sesuatunya serba terbatas? Itulah yang dialami Syakilla, muslimah yang harus memendam semua impian remajanya saat harus mengikuti suami tercinta dinas ke ujung Timur Indonesia itu. Syakilla harus rela mengabdikan hidup dan cintanya di pedalaman Papua. Hari-hari awal dilalui tetap dengan bahagian hingga suatu ketika.

Napas cinta Syakilla serasa tercekat ketika Riyan yang sedang bertugas tiba-tiba disandera gerombolan pemberontak RI yakni Organisasi Papua Merdeka (OPM). Syakilla tak menyerah. Ia menanti dalam doa dan kesabaran yang luar biasa. Ia ingin membuktikan ketulusan hatinya terhadap suami tercinta bahwa apapun yang terjadi ia tetap akan menanti rabithah cintanya itu.


Kegalauan hatinya bertambah ketika di tengah penantian panjang tak berujung itu seorang dokter lainnya dikirim pula ke tempat ia berada menggantikan sang suami yang belum juga ada kabarnya itu. Ia tak berdiam diri dan yakin bahwa suaminya masih hidup. Segala ikhtiar ditempuhnya untuk memastikan sang suami masih hidup. Lama ia menanti hingga akhirnya dokter pengganti itu datang dan astaga, sang dokter muda itu tak lain adalah Andrean mantan kekasihnya pada masa silam.

Bersamaan dengan itu datang kabar dari pedalaman rimba papua bahwa Riyan dikabarkan tewas. Sanggupkah Syakilla membuktikan kesabaran dan kesetiaannya serta kesalehannya sebagai seorang istri di tengah ujian berat itu? Ataukah syakilla mengorbankan rabithah cintanya demi dokter Andrean? Bagaimana kelanjutan kisah ini? Kisah mendebarkan tentang kesabaran, kesetiaan dan pengorbanan cinta yang sayang kalau dilewatkan.***

Helfizon Assyafei
helfizon_rpg@riaupos.co.id

Banyak Dibaca