20 Desember 2008

Open Recrutment FSI As-Sabiil

Dalam rangka perekrutan anggota baru, Forum Study Islam (FSI) As-Sabiil Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Islam Riau (UIR) menyelenggarakan Open Recrutment. Acara ini diberi nama Latihan Dasar Organisasi (LDO).

Acara ini merupakan program kerja Departemen Kaderisasi FSI As-Sabiil. Acara yang digelar selama tiga hari ini diikuti 92 peserta, 42 peserta laki-laki dan 50 peserta perempuan. Menurut Gigin Ahmad Afandi, Ketua Departemen Kaderisasi FSI As-Sabil, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah peserta LDO kali ini adalah jumlah peserta terbanyak.

Acara ini digelar pada 28-30 November 2008 lalu dan dilakukan di dua tempat. Hari pertama dan kedua pelatihan dilakukan di dalam lingkungan kampus, sedangkan hari ketiga pelatihan dilakukan di luar kampus.


Pada hari pertama dan kedua diisi dengan berbagai materi, seperti materi keislaman, kepemimpinan, keorganisasian, dan kemanajemenan. Pada malam ketiga para peserta diwajibkan mengikuti mabit (malam binaan iman dan taqwa).

Untuk peserta laki-laki mabit dilakukan di Masjid Munawarroh UIR. Sedangkan peserta perempuan mabit dilaksanakan di pondokan Annida perumahan Dokagu. Acara mabit di isi dengan kegiatan diskusi mengenai program-program yang akan dilaksanakan oleh peserta setelah nantinya menjadi anggota tetap FSI As-Sabiil.

Masih merupakan rangkaian acara LDO, saat mabit peserta beserta panitia melakukan Salat Tahajud dan Witir bersama, kemudian ditutup dengan muhasabah (renungan atau instropeksi diri).

Hari terakhir LDO, peserta diajak rihlah (jalan-jalan) ke Teluk Juring, Kampar, dengan menggunakan lima oplet. Sesampainya di Teluk Juring, oleh panitia peserta tak hanya disuguhi materi tetapi juga diselingi dengan game yang mendidik. Seperti game yang berhubungan dengan kekompakan, kerjasama, dan kecerdasaan.

Gigin berharap agar dengan terlaksananya acara LDO ini menjadikan FSI As-Sabiil semakin diminati dan menjadi yang terbaik dilingkungan UIR. (Dodi Putra-CCMD)

Banyak Dibaca