07 November 2008

Durian Jadi Primadona, Rambutan Begitu Menggoda

Durian Jadi Primadona di PekanbaruApa buah-buahan favorit warga Pekanbaru sebulan terakhir ini?, ya buah Durian dan Rambutan. Jika datang dari Arah Bandara Payung Sekaki - Terminal Akap Pekanbaru - menuju Jalan HR Soebrantas (Panam) maka Anda akan menemukan jejeran penjual rambutan di pinggir-pinggir jalan. Warna merahnya begitu menggoda untuk dicicipi.

Tapi yang menjadi primadona satu bulan terakhir ini sebenarnya adalah Durian. Buah berduri khas hutan tropis ini bisa anda temukan diamana-mana, terutama di tepi-tepi jalan sepanjang HR Soebrantas, Jalan Sudirman dan tempat-tempat lainnya di kota Pekanbaru.


Nyatanya, durian-durian berduri lancip diluar, ranum di dalam dan manis khas Riau itu bukanlah datang dari Pekanbaru, tetapi sebagian besar didatangkan dari wilayah Kampar. Bagaimana mendapatkan durian yang bagus, manis, berdaging dan membuat Anda tidak bisa melupakan bahwa Anda pernah makan durian di Riau?.

Durian Pekanbaru Manis BerdagingHanya satu kuncinya, mintalah sang penjual membukanya di tempat. Lebih bagus jika ingin membeli durian langsung ke pohonnya di daerah Kabupaten Kampar, seperti Air Tiris, Danau Bingkuang dan beberapa tempat lainnya. Tapi jangan khawatir, Anda juga bisa membelinya di sepanjang jalan Raya Pekanbaru - Bangkinang. Membeli durian langsung di pohon-pohon yang berada tepat di tepi jalan, itu lebih bagus.

Jika beruntung dalam sebiji durian bisa berisi lebih dari lima belas (15) biji durian yang manis-manis, makanya kapan lagi?, jika kebetulan lewat dari Sumatra Barat ke Riau melalu jalan raya Sumbar - Riau (HR Soebrantas atau Jalan Raya Pekanbaru - Bangkinag masih jalan yang sama), sempatkanlah untuk melahap ria si raja manis tapi berduri tapi manis ini.

Foto Atas: KeluargaBroto.com
Foto Bawah:
Syelviapoe3.wordpress.com

3 komentar:

  1. Wow, durian emang rajanya buah, namun saya punya pengalaman menarik sekaligus menjengkelkan dengan buah durian ini.

    Ceritanya beberapa tahun yang lalu saya mengadakan perjalanan pulang dari Jakarta ke Jawa Timur, nah dalam perjalanan tersebut kami menyempatkan membeli buah durian yang dijual di pinggir-pingir jalan. Kami buka di tempat dan langsung dinikmati. Karena merasakan duriannya enak, maka kami memutuskan membeli beberapa buah untuk oleh-oleh orang rumah. Aku membeli 5 sedangkan temanku membeli 10 buah.

    Namun apa yang terjadi, sesampai di rumah ternayata ada beberapa durian milik temanku tersebut hanya berupa kulit saja yang ditali. Jadi isinya tidak ada. Wah.... sangat jengkel banget. Semoga hal ini tidak terjadi juga pada diri anda.

    BalasHapus
  2. Durian Pekanbaru ...Enak sekali loh, kemaren 8 November 2008, saya membeli Durian 1 biji Rp.10 ribu,kata penjual nya termasuk Durian Jantung...berbentuk lonjong ...cuma berisi 2 biji durian besar, bijinya kecil...Waah Uenak banget loh...dari Uton BOGOR Jawabarat

    BalasHapus
  3. waduuh durian, bikin ngeces...sayang di sini mahal2. Kapan ya aku main ke Riau, sodara2ku banyak di sana, tp di Duri

    BalasHapus

Banyak Dibaca