20 November 2008

Penerimaan CPNS Siak 2008, 20 November

Ini kabar gembira bagi pencari kerja, apalagi selama ini sudah ditunggu-tunggu, yakni penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak formasi umum. Penerimaan akan dibuka secara resmi tanggal 20 November 2008. Tapi penerimaan kali ini hanya menerima CPNS yang sudah sarjana S1.

"Kalau tidak ada halangan dan sesuai rapat yang kita lakukan di Pekanbaru, maka diperkirakan 20 November akan dibuka penerimaannya", ujar Asisten III Setda Kabupaten Siak Drs. H. Amzar kepada wartawan, Selasa (12/11) di Siak.

Dikatakan Amzar, penerimaan CPNS di Siak Tahun 2008 ini jumlahnya cukup banyak. Karena selain ada formasi dari pegawai honorer dan ada juga dari umum, tapi untuk formasi umum ini diutamakan mereka yang berpendidikan sarjana. Karena ini disesuaikan dengan keperluan daerah yang saat ini masih kekurangan pegawai.


Menurutnya, ada 54 Sekretaris Desa ( Sekdes) yang namanya sudah diproses tahun 2007 dan 2008. Rinciannya, 26 yang diproses tahun 2007 dan 24 Sekdes yang diproses tahun 2008. Demikian juga terhadap tenaga honor sebanyak 106 orang, dan peluang yang sangat besar tahun ini adalah penerimaan CPNS dari umum sebanyak 208 orang. Mereka akan diperuntukkan bagi tenaga pendidik, kesehatan dan tenaga teknis. "Kita berharap penerimaan kali ini tidak diundur lagi, karena alokasi penerimaan CPNS ini adalah untuk 2008", ujarnya.

Dikatakan Amzar, untuk ketentuan lebih lanjut terutama terkait persyaratannya akan diumumkan secara terbuka. Tapi untuk penyerahan berkas oleh CPNS harus melalui Kantor Pos. Sehingga panitia tidak sulit untuk menerima berkas yang masuk.

Menurutnya, berkas lamaran yang dikirim melalui Kantor Pos untuk menghindari antrian saat pendaftaran. Apalagi dalam penerimaan ini pihaknya hanya sebagai pelaksana, sedangkan yang berwewenang memeriksa hasil tes dan menentukan kelulusan peserta ada dari pusat. "Penerimaan ini tidak ada campur tangan kita dan mereka yang ikut dan lulus secara murni, tidak ada kolusi dalam penerimaan ini," tegasnya.

Menurut Amzar, untuk saat ini jumlah PNS di Siak memang belum cukup, tapi ini khusus untuk tenaga teknis, termasuk guru-guru tingkat SMP dan SMA. Sedangkan untuk SD sudah cukup, karena mereka diangkat melalui honorer yang sudah masuk data base. Makanya untuk penerimaan CPNS kedepan memang benar-benar orang yang diperlukan dan sesuai formasi.

Sumber: Riau Pos

Banyak Dibaca