22 November 2008

Nila Asmita, Dara Pustaka Soeman HS 2008

Nila Asmita, Dara Pustaka Soeman HS 2008Nila, begitulah cewek manis bertubuh mungil ini lebih suka dipanggil. Ketika pertama kali disapa panggilan Asmita beberapa waktu lalu, cewek dengan nama lengkap Nila Asmita ini sempat protes. Dari gaya bicaranya tergambar jelas Ia adalah cewek luwes dan aktif berorganisasi.

Benar saja, Mahasiswi semester V Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau ini ternyata memang aktif berorganisasi. Setidaknya Nila aktif di OSIS, Pramuka dan Rohani Islam (Rohis) sekaligus semasa SMA. Begitu juga ketika ditemui (17/11) lalu, Ia juga sedang sibuk menghadiri rapat di organisasi kemahasiswaan di Kampusnya.


Selain hobby berorganisasi Nila juga hobby nge-MC dan membaca, tapi herannya Ia bercita-cita jadi dosen.

''Mulanya Nila suka nge-MC, ngomong di depan umum tapi cita-cita sih, mau jadi dosen Perbankan Syari’ah,'' ujarnya.

Baru-baru ini Nila Asmita mengukuhkan dirinya sebagai pembaca buku yang tunak alias pengunjung pustaka yang setia. Ia baru saja terpilih sebagai Dara Pustaka Soeman Hs 2008, yang dianugerahkan langsung oleh Gubernur Riau, Wan Abu Bakar, bersempana peresmian gedung baru Pustaka Wialayah Seoman Hs. Penghargaan ini disematkan kepadanya setelah memenangi Lomba Pengunjung Terbaik Perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau 2008.

Cerita Nila, untuk memenangi lomba tersebut tidak mudah, agar bisa ikut menjadi peserta lomba saja Ia harus menunggu lama.

''Sudah sejak SMA pingin ikut lomba. Dulu, waktu lihat orang ikut lomba, Nila Cuma mikir, kapan bisa ikut ya?,’’ ceritanya. Barulah saat ia berkuliah di UIN Suska, ia bisa lebih rajin ke perpustakaan dan berpeluang untuk ikut lomba.

''Pas kuliah Nila mulai rajin ke Pustaka, pokoknya sebelum pulang singgah Pustaka dulu deh,'' terangnya tersenyum.

Ketika mengikuti lomba Pengunjung Pustaka Terbaik itu, anak ketiga dari sepuluh bersaudara ini harus mengikuti beberapa tahap penilaian. Mulai dari penilaian Administrasi seperti lama keanggotaan, pemanfaatan koleksi buku-buku dan kedisiplinan, para peserta lomba juga diwajibkan untuk membuat karya tulis. Nila sendiri memilih tema ‘’Tantangan Perpustakaan Masa Kini dan Masa yang Akan Datang.’’ Hingga penilaian karya tulis selesai Nila-pun kebagian presentasi yang diadakan di Dyan Graha.

''Pada waktu pengunguman 15 besar karya tulis punya Nila ada diurutan 13. Mulanya sempat minder apalagi yang dihadapin itu Dosen, ada PNS dan Guru juga. Tapi tetap semangat dan harus menang,’’ kenang Nila.

Pada hari pengunguman pemenang Nila tidak sanggup melihat ke pustaka, belakangan Ia mengetahui namanya keluar sebagai pemenang lewat temannya yang sesama peserta lomba.

''Mulanya sih nggak percaya, langsung aja beli koran Riau Pos, ternyata iya Nila menang,'' Ujarnya antusias. Ia sempat tidak percaya, sebab ketika pertandingan berlangusng hampir tidak ada yang mendukungnya, namun berkat semangat dan keyakinan kini Nila Asmita terpilih sebagai Dara Pustaka Soeman Hs 2008. (Hendrawan)


Profil:
Nama Lengkap: Nila Asmita
T.Tgl Lahir: Pekanbaru, 3 Januari 1988
Alamat: Rumbai
Hobby: Membaca, Berorganisasi
Cita-cita: Ingin Menjadi Dosen
Kuliah: Ekonomi Islam, Fakultas Syari’ah - UIN Suska Riau
Nama Orang Tua: Azzuhri (Ayah), Jeswita (Ibu)
Prestasi: Dara Pustaka Soeman Hs Provinsi Riau 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca