22 November 2008

Kontroversi Ibnu ‘Arabi - Resensi Buku Ibnu Arabi

Kontroversi Ibnu ‘Arabi - Resensi Buku Ibnu ArabiSalah satu tokoh sufistik yang paling kontroversial dalam dunia Islam adalah Ibnu ‘Arabi. Dengan pahamnya wihdatul wujud, ia menjelma menjadi seorang tokoh yang kontroversial dan monumental. Banyak yang kontra dan menganggapnya kafir, namun ada juga yang membela dan mengikuti ajaran-ajarannya. Sebenarnya, ajaran dan bukunya tak hanya bercerita tentang wihdatul wujud. Ada yang menyebut ia menulis lebih dari 2 ribu buku.

Kehadiran Ibnu ‘Arabi tak hanya mengejutkan jagat sufistik, tetapi telah mengguncang sendi-sendi fundamental religius, terutama bagi mereka yang melandaskan agamanya pada pilar syariat yang kaku dan formal. Dari sudut pandang teologis, pemikirannya mungkin terkesan aneh dan menyimpang.

Namundari kacamata filosofis, gagasan-gagasan Ibnu ‘Arabi yang penuh simbol, bermain dengan metafor, dan diwarnai imajinasi liar, telah menempatkannya dalam barisan sufi-filsuf besar yang disegani. Ia dihujat dan dikritik sebagian orang, namun dipuji dan diagungkan sebagian yang lain.

Buku Ibnu Arabi, Menyingkap Kode dan Simbol di Balik Paham Wihdatul Wujud ini mengungkap banyak hal mengenai pemikiran dan paham Ibnu ‘Arabi yang kontroversial itu. Ada pola terjemahan baru yang menarik dalam paparan tentang wihdatul wujud ini.

Buku ini dapat menjadi gerbang bagi siapa saja yang ingin mengetahui sosok salah satu sufi terbesar dalam sejarah. Buku ini memiliki magnet yang cukup tinggi karena bahasanya yang lugas dan muatan baru yang dikandungnya.***

Banyak Dibaca