20 November 2008

Guru dan Penguasaan Iptek

KEMAJUAN dan perkembangan Ilmu apengetahuan dan teknologi tidak bisa kita hindarkan, dan perkembangannnya sangat dahsyat sehingga tidak mungkin kita bendung. Kemajuan dan perkembangan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni sejalan dengan perkembangan umat manusia di muka bumi ini, dan berbarengan dengan akselerasi di semua negara di belahan dunia baik barat maupun timur.

Kita tidak boleh diam, kemajuan tersebut akan berdampak terhadap kehidupan manusia di muka bumi ini. Selain itu perkembangan Ipteks akan dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara di semua negara.

Oleh sebab itulah, sebagai suatu bangsa kita tidak boleh lengah dan senantiasa mengikuti arus perkembangan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni ini. Kalau tidak maka negeri kita akan tertinggal jauh dengan negara-negara yang selalu dan terus menerus menyelaraskan kemajuan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni dengan melakukan perubahan-perubahan, dari semua sistem di negara-negara maju tersebut.


Keterbukaan di dalam menyerap dan memilah kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan seni harus ada, sehingga siapapun dia, kapanpun dia, dimanapun dia, akan mampu melakukan penyerapan dan pemilihan terhadap kemajuan dari Ilmu pengetahuan teknologi dan seni tersebut. Sudah selayaknya masyarakat di negeri ini mau menerima dan mendorong kemajuan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni di dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga kesan kemajuan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni tidak lagi selalu bersifat negatif.

Keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan akibat langsung dari eksistensi manusia yang kemudian membentuk historisitas kependidikan sejak lahir sampai mati. Jadi, jika manusia tidak eksis dalam rentetan panjang kependidikan, sesungguhnya ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mungkin ada.

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, segala perubahan yang direncanakan oleh pendidikan dapat dikerjakan.

Fakta membuktikan bahwa teknologi mampu mempraktikkan teori ilmu dalam sistem perindustrian. Dengan perindustrian, dinamika kehidupan manusia mengalami perubahan yang begitu cepat. Dengan teknologi dan perindustrian, kini manusia seolah-olah bisa melakukan segala hal sesuai dengan yang dikehendaki. Ada yang berpendapat bahwa dengan teknologi dan industri, manusia semakin mampu membuktikan bahwa dirinya adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling istimewa.

Dalam hubungannya dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung tanggung jawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan manusia. Artinya, dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju. Dengan teknologi, pendidikan mampu membuat perubahan; dan dengan pendidikan, teknologi diharapkan mampu membuat kehidupan semakin berkembang dan maju.

Berkembang dan maju dalam arti bernilai kultural manusiawi, sehingga segala kebutuhan hidup dapat lebih mudah dicukupi dan dapat dimanfaatkan secara adil dan merata. Dengan pendidikan teknologi, jalan menuju kesejahteraan umum semakin terbuka.
Guru harus dapat memilah mana kemajuan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni tersebut dapat memberikan dampak positif, baik untuk dirinya maupun untuk anak didiknya.

Karena dengan penguasaan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni guru akan memiliki segudang pengetahuan dan keterampilan dan tentunya akan menambah wawasan dan nilai intelektualnya sebagai mana disebut sebagai guru profersional.

Kita tidak ingin mendengar lagi bahwa guru-guru kita disebut telmi, gatek, atau kuno, tidak mau menerima segala bentuk perubahan dunia yang sudah mengglobal. Saatnya guru menunjukkan kemampuan dan kemahirannya di dalam menyerap kemajuan dan perkembangan Ilmu pengetahuan teknologi dan seni di dalam mengaplikasikan ilmunya untuk diajarkan kepada anak didiknya. Sehingga kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni dapat membawa perubahan baik untuk diri guru itu sendiri maupun kepada anak didiknya. Semoga

Banyak Dibaca